foto1
foto1
foto1
foto1
foto1
Time campus Time campus Time campus Time campus Time campus Time campus

S1 Manajemen

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan softskill yang baik dalam bidang manajemen keuangan dan pemasaran. Lulusan juga harus menguasai bidang teknologi informasi dan memiliki semangat kewirausahaan serta beretika.

 Sasaran  dan Strategi Program Studi S1 Manajemen sampai dengan tahun 2020

   1. Peningkatan Kualitas Mahasiswa dan Lulusan :

 1.1 Sasaran

 a. Rata-rata IPK lulusan program studi  S1 Manajemen adalahdi atas 3,00

 b. Lama / masa studi lulusan rata -  rata 8 semester (4 tahun)

 c. Waktu tunggu kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan rata-rata 3 bulan.

 d. Lulusan memiliki Score TOEFL minimal 450

1.2 Strategi

 a. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui ujian seleksi calon mahasiswa baru.

 b. Penerapan kurikulum  berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI guna  mendukung dan sesuai dengan kualitas atau profile lulusan yang diharapkan.

 c.Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologidi bidang manajemen.

 d. Memanfaatkan secara optimal laboratorium/ praktikum, internet, perpustakaan dan buku referensi(text book), modul kuliah dan teknologi pendidikan lainnya.

 e. Melaksanakan pendidikan tinggi yang bermutu  berdasarkan nilai - nilai moral dan etika akademik yang tinggi.

 f. Mengikutsertakan mahasiswa dalam seminar, workshop, pelatihan-pelatihan, dan berbagai kompetisi baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

 g.Meningkatkan peran aktif dosen pembimbing akademik guna membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah.

 h. Khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa dilakukan seleksi yang lebih  ketat dengan persyaratan tertentu seperti prestasi akademik maupun non akademik dengan melibatkan peran aktif dosen dan pembimbing akademik.

 i. Melakukan sistem evaluasi dan monitoring pembelajaran bagi mahasiswa baik secara periodik maupun inspeksi mendadak atau sidak.

 j. Menambah wawasan mahasiswa dengan cara menyelenggarakan kegiatan kunjungan ilmiah secara  langsung ke perusahaan-perusahaan.

 k. Meningkatkan kualitas interaksi  mahasiswa dengan dunia usaha atau perusahaan melalui praktek kerja atau penelitian.

 l. Meningkatkan suasana akademik, khususnya dalam aspek otonomi keilmuan dan kebebasan mimbar akademik.

 m. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kependidikan.

 n. Melaksanakan program DyNed bagi seluruh mahasiswa guna mencapai TOEFL score minimal 450.

 o. Memberikan pembekalan materi Super Great Memory kepada mahasiswa baru guna mengoptimalkan kerja otak seperti kemampuan mengingat sejumlah informasi baik berupa angka maupun kalimat serta kemampuan membaca cepat (speed reading).

 p. Mewajibkan mahasiswa untuk memperoleh sertifikat brevet A dan B.

 q.Menyediakan galeri investasi bekerjasama dengan BEI (Bursa Efek Indonesia) sebagai wadah pembelajaran dan penelitian investasi pasar modal.

 r. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran.

 s. Melaksanakan Ujian Akhir Bersama (UBER) untuk seluruh matakuliah di Program Studi dengan materi ujian yang telah dikoordinasikan oleh seluruh dosen pengampu matakuliah tersebut.

    2. Peningkatan Kinerja Program Studi

2.1 Sasaran

2.1.1 Pengembangan Kurikulum

a. Mulai tahun 2013/2014 kurikulum program studi S1 Manajemen berbasis  kompetensi mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang relevan dengan profile lulusan S1 Manajemen  dengan memperhatikan kebutuhan pengguna.

b. Melakukan peninjauan kurikulum secara periodik 3 - 4 tahun sekali untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dunia bisnis dan kemampuan berwirausaha serta perkembangan ilmu pengetahuan.

c. Meningkatkan persentase mahasiswa yang menyusun skripsi dalam bidang manajemen keuangan dan pemasaran mencapai 70%.

d. Meningkatkan metode pembelajaran yang berorientasi pada studi kasus (Case Based Learning)  sejak semester III.

e. Mengembangkan metode pengajaran yang mampu membangun mahasiswa untuk belajar mandiri dan secara terus menerus atau SCL (Student Centered Learning) dengan mengembangkan modul setiap matakuliah yang menunjang SCL

f. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan perusahaan tempat  magang penelitian (on the job training),pihak pengguna,industri yang relevan guna memberikan masukan terkini (update) terhadap perkembangan kurikulum.

g. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan Perguruan Tinggi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

h. Meningkatkan jumlah koleksi pustaka di perpustakaan, meliputi berbagai buku referensi,  jurnal, prosiding, majalah ilmiah lainnya yang relevan dengan Program Studi  S1 Manajemen

i. Meningkatkan Kompetensi tenaga pendidikan melalui kegatan pelatihan-pelatihan atau sertifikasi dalam bidang administrasi dan manajemen

 2.1.2 Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi Dosen

 a. Meningkatkan kualitas pendidikan dosen dengan motivasi dosen untuk melanjutkan studi secara berkesinambungan dengan memberikan kesempatan bagi dosen  untuk mengikuti studi lanjutan ke jenjang lebih tinggi,sehingga pada tahun 2020 terdapat  40% dosen berpendidikan  S3 (doktoral).

b. Mendorong dosen dan mahasiswa secara bersama untuk melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakatminimal 1 kali setiap tahun.

c. Mewajibkan setiap dosen untuk membuat buku ajar  atau modul  minimal 1 buku dalam setiap tahun.  

d. Menciptakan proses pembelajaran yang berorientasi kepada bahan ajar  terkini, pustaka yang digunakan paling lama keluaran 4 tahun pada saat (tahun akademik) pembelajaran dilaksanakan.

e. Mewajibkan setiap dosen untuk melakukan penelitian dan publikasi  dalam jurnal lokal dan atau nasional minimal 1 judul dalam setahun.

f. Memfasilitasi dan mendorong dosen untuk melakukan penelitian bersama (Joint Research)  dengan Perguruan Tinggi lain, minimal 1 penelitian dalam setahun.

g. Mewajibkan dosen melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat minimal 1 kali dalam setahun.

h. Memfasilitasi dosen untuk memperoleh sertifikasi dosen, sertifikasi profesi dan sertifikasi lainnya.

i. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk  memperoleh jenjang kepangkatan lektor 15%, lektor kepala 75%, dan guru besar 10% pada tahun 2020.

j. Melakukan kerjasama dengan perusahaan atau instansi dan lembaga lain yang ditindaklanjuti dengan Memorandum of Understanding (MoU)baik di dalam maupun di luar negeri.

2.2 Strategi

a. Melaksanakan peninjauan kurikulum program studi S1 Manajemen berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

b. Melaksanakan program perkuliahan yang berkualitas dan berorientasi pada daya saing yang tinggi, baik sebagai profesional, maupun sebagai wirausahawan (entrepreneur) dengan menggunakan program pengayaan pembelajaran  yang terkait dengan ilmu Manajemen khususnya manajemen keuangan dan pemasaran.

c. Meningkatkan motivasi dan kompetensi dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui seminar, lokakarya, pelatihan, workshop dengan nara sumber para pakar baik dari internal maupun eksternal, dengan mengacu pada pedoman dan kebijakan Kemendikbud.

d. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan dana internal dan dari luar STEI baik dalam bentuk hibah maupun kerjasama dengan perusahaan.

e. Mengembangkan unit penerbitan internal guna meningkatkan kesempatan dosen menerbitkan buku dan/atau jurnal ilmiah yang terakreditasi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.

f. Memfasilitasi dosen untuk mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal eksternal serta sebagai penyaji dalam seminar, konferensi, lokakarya berskala nasional maupun internasional.

g. Memberikan penghargaan kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal nasional maupun internasional.

h. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk memperoleh HAKI dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

i. Meningkatkan kerjasama denganstakeholders, perguruan tinggi lain dan dunia usaha baik dalam maupun luar negeri.

j. Menyusun dan memberlakukan penilaian dosen, pejabat struktural, tenaga kependidikan melalui form penilaian kinerja (KPI).

k. Diperolehnya peringkat akreditasi yang sangat baik (A) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk Program  Studi  S1 Manajemen, sebagai bentuk pengakuan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan oleh Pemerintah pada tahun 2015.

Copyright © 2019 STEI Indonesia Rights Reserved.